PONDOK PESANTREN MODERN (ISLAMIC BOARDING SCHOOL)

Senin, 12 Januari 2009

     Pondok Pesantren Modern atau disebut juga Islamic Boarding School merupakan sistem pendidikan yang menggabungkan antara ilmu pendidikan umum dan ilmu agama Islam. Di mana para pelajar atau disebut santri diasramakan selama 6 tahun untuk belajar bersosialisasi dan berdisiplin sebagai pendewasaan karakter yang dipengaruhi oleh peraturan peraturan yang bersifat Agama atau pun yang bersifat mengembangkan kepribadian santri, dan belajar di kelas seperti sekolah formal yang sederajat dengan SMP sampai SMU bertujuan untuk menjadikan ulama yang memiliki intelektual tinggi.
.....sistem pendidikan yang menggabungkan antara ilmu pendidikan umum dan ilmu agama Islam. 

    Selain peraturan-peraturan yang bersifat agama dan pengembangan diri, pada Islamic Boarding School para santri diwajibkan untuk memakai bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari, hal ini bertujuan agar santri dapat memakai bahasa tersebut dan terbiasa sehingga, dengan kesungguhan ingin menguasai kedua bahasa tersebut, mereka dapat menguasainya secara aktif, tidak hanya memahami.

para santri diwajibkan untuk memakai bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari,
    
     Kelebihan yang ada pada Pondok Pesantren Modern, tentunya sangat berbeda dengan pesantren salaf pada umumnya. Selain menjadikan lulusan yang memiliki kemampuan Agama para lulusan juga memiliki kemampuan intelektual yang tidak kalah dengan lulusan sekolah-sekolah formal pada umumnya. Dengan dibekali dasar-dasar Agama dan Ilmu pengetahuan Umum mereka mampu mengembangkan ilmunya tersebut sehingga benar-benar dikuasai olehnya. Selain itu mereka juga memiliki pemikiran kritis tentang kehidupan sosial yang jarang ditemukan pada usia remaja, di mana kebanyakan pada usia tersebut hanya mengenal kata bermain dan belum benar-benar sadar akan arti hidup sebenarnya. Mereka lebih berpikir ke depan dengan berbagai pengalaman yang didapat ketika berasrama dengan santri-santri lainnya yang memiliki karakteristik, pemikiran dan suku yang berbeda-beda. Dan yang paling membuat penulis sadar akan kelebihan lulusan PPM adalah, ditanamkannya ideology bahwa ilmu adalah sesuatu yang sangat penting dari segalanya, sehingga mereka merasa haus akan mencari ilmu dan ingin mengetahui sekaligus menguasai semua ilmu yang belum ia dapat. Singkatnya, mereka mempunayai pemikiran yang ‘dahsyat’ dewasa dan dibekali oleh ilmu pengetahuan yang didasari oleh agama.

Dan yang paling membuat penulis sadar akan kelebihan lulusan PPM adalah, ditanamkannya ideology bahwa ilmu adalah sesuatu yang sangat penting dari segalanya.

     Pada setiap kelebihan pasti ada kekurangannya, kekurangan yang ada pada Pondok Pesantren Modern, lulusannya memang agak kurang dalam pergaulan atau disebut kuper karena para santri selama 6 tahun di asrama benar-benar tidak boleh sembarangan keluar dari komplek pondok karena berdasarkan kebijakan pondok bahwa ditakutkan akan adanya pengaruh negative yang datang dari luar yang besar kemungkinan berdampak besar pada system peraturan yang diterapkan dan terjadi pelanggaran yang tidak dapat ditolerir, misalnya ditakutkan masuknya barang-barang haram seperti narkoba atau sejenisnya yang sangat mudah didapat di luar sehingga dapat mengancam citra Pondok dan mengancam calon intelektual Islam yang sedang dirintis. Selain itu, karena merasa terkekang oleh peraturan yang ada, setelah lulus sebagian dari mereka yang ingin memberontak selama di Pondok, menjadi meledak-ledak dan kadang sampai ada yang kelewat batas, karena mereka beranggapan hidup masa muda itu dipakai hanya untuk bermain dan berfoya-foya. Seiring berjalannya waktu akhirnya mereka pun akan sadar dan merasa bosan dengan kehidupan seperti itu, dan menyadari betapa pentingnya system pendidikakn yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Modern sebagai almamater dan bermanfaat bagi kehidupannya di dunia dan akhirat.
setelah lulus sebagian dari mereka yang ingin memberontak selama di Pondok, menjadi meledak-ledak dan kadang sampai ada yang kelewat batas, karena mereka beranggapan hidup masa muda itu dipakai hanya untuk bermain dan berfoya-foya.
Wasssalam


Leave koment ga perlu pake email ko.... ^^

0 comments:

Music Box


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com
 
© Copyright 2010-2011 Kumpulan Topik Santai All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.